Pendaftaran Judul Skripsi

Langkah pertama dalam mengerjakan skripsi tentu saja adalah menentukan topik.

nah topik untuk skripsi teknik informatika sangatlah banyak pilihannya, inti utama dalam skripsi itu bukan pada topik melainkan pada metode, yang saya maksud adalah seringkali terjadi kesalahan dalam memilih metode, antara topik yang dibahas dengan metode yang dipakai untuk menyelesaikan topik tidak cocok. jadi intinya adalah untuk memilih metode perlu dikaji dulu, apakah metodenya sesuai dengan topiknya. sebagai contoh jika teman-teman ingin membahas tentang perangkingan sesuatu, maka pakaialah metode untuk merangking, jika teman-teman ingin melakukan deteksi (output: linear 0/1, contoh deteksi kecurangan lembar jawaban ujian), maka pakailah metode untuk deteksi, atau jika teman ingin mengklasifikasi sesuatu( output: 2/lebih), maka pakalailah metode klasifikasi.


"SARJANA S1 UNTUK LULUS ITU MINIMAL MENGIMPLEMENTASI 1 METODE "


"Nah, jadi apakah kita harus memilih metode dulu baru topik?"
"tidak harus, itu hanya salah satu cara menemukan topik tapi kurang bagus, bisa kita memilih metode baru menentukan topik, sebagai contoh kita memilih metode naive bayes, nah disini kita tahu bahwa naive bayes adalah metode untuk klasifikasi, maka kita bisa memilih topik yang perlu diklasifikasi, nah kalau bisa topik itu lagi hangat minimal masih layak dibicarakan seperti klasifikasi jenis chat yang ada di whatsapp :). atau bisa juga memilih topik dulu baru memilih metode "

" HAL TERPENTING KEDUA adalah data, pastikan kalian bisa mendapatkan datanya, jangan ambil topik yang bahkan kalian ga bisa dapat data-nya. hal ang seing terjadi biasanya sih, rencana ingin mengambil data di tempat a, setelah itu ke dosen pembimbing dan disetujui, namun ternyata setelah berjalan setengah, dia tidak bisa mendapatkan data atau tempat A tidak mengijinkan mengambil data penelitian.  jadi intinya adalah coba dapatkan datanya dulu, baru ke dosen pembimbing mengajukan pra, atau bahkan sekalian mencoba dengan metode yang kamu ajukan dulu, baru mengajukan pra proposal.

nah gausah banyak cincong, ini nih beberapa hal yang perlu kalian siapkan saat akan memulai skripsi:

1. niat yang benar, tekad yang kuat
3. Kartu konsultasi (Harap selalu dibawa saat konsul dari awal, ini PENTING)
4. Kartu ijin penelitian (Jika ingin melakukan penelitian di lapangan, kalau bisa coba ke tempat penelitian yang dituju dulu, apkah bisa mendapatkan data disana, baru ke dosen pembimbing)

Tips waktu ke dosen mengajukan proposal:
- Bawa beberapa jurnal yang menunjukkan topikmu masih layak dibicarakan, serta dapat menunjukkan alasan yang kuat pemilihan topik
- Bawa pula beberapa jurnal dari metode yang kamu pakai, dan kelebihan serta kekurangan.
- Jelaskan gambaran singkat mengenai perbedaan peneitianmu dengan yang sudah ada di jurnal.
- Tapi jangan ngeyel, dosen ga suka mahasiswanya ngeyel kalau diberi tahu :). cukup turutin kemauan dosen saja jika diarahkan, karena dosen lebih berpengalaman.
- ketika dapat persetujuan dari dosen, segera kumpulkan ke admin.
- sambil menunggu pengumuman di web segera kerjakan bab 1 minimal.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ujian Komprehensif

DAFTAR SEMPRO